Cara Menghubungkan Keyboard dan Mouse Bersamaan ke Android

Smartphone Android kini menjadi produk yang paling banyak digunakan pada masyarakat. Semua orang kini sudah memiliki smartphone, yang membuat penggunaan komputer pun berkurang. Wajar karena design smartphone yang mudah di bawa kemana - mana dan harganya terhitung cukup murah dibanding komputer saat ini.

Mungkin diantara kalian adalah pelajar yang tentunya memiliki banyak sekali tugas yang menggunakan komputer untuk mengetik atau semacamnya, tapi tidak memiliki komputer dan perlu ke warnet terlebih dahulu untuk mengerjakan tugas. Android bisa jadi solusi dalam hal ini.

Tetapi mengetik di android tentu melelahkan. Bayangkan kamu harus mengetik 1000 kata menggunakan kedua jadi kamu, pasti pegel banget bukan?. Tapi tenang, Smartphone Android model terbaru kebanyakan sudah bisa menggunakan keyboard dan mouse sebagai alat bantu untuk mengetik dan sebagainya, yang membuat android kamu bisa menjadi sebuah komputer. Jadi tidak ada alasan lagi harus memiliki komputer untuk mengerjakan tugas.

Untuk menggunakan keyboard atau mouse di android sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan alat yang dinamakan OTG. tapi perlu di perhatikan tidak semua android support menggunakan alat OTG ini, jika kamu ingin membeli alat ini ada baiknya kamu datang ke toko asesoris handphone dengan membawa android kamu sehingga alat OTG ini bisa langsung di coba.

begini wujud untuk OTG untuk android standard yang menggunakan kabel USB Micro B ( Standar Android )
OTG Android

Kalau yang ini wujud dari USB Type C ( model terbaru yang bisa di bolak balik )

OTG Android usb type C

Jika kamu sudah memiliki dan Android kamu bisa menggunakannya, langsung hubungkan dengan keyboard kamu, lalu keyboard bisa langsung di gunakan untuk mengetik jika ada text bar.

Begitu pula dengan mouse, jika hp android kamu sudah support menggunakan OTG nanti akan muncul pointer mouse layaknya komputer, begini contohnya


mouse on android



Nah kalau untuk masalah tugas yang kamu butuhkan hanya OTG dan Keyboard saja. Tapi pasti ada kepikiran untuk main game android menggunakan mouse dan keyboard kan?. Nah solusinya perlu menggunakan modal yang tidak sedikit tentunya

Tapi tentunya kamu perlu menggunakan alat lain terlebih dahulu, dan saya kurang bisa menjamin keberhasilan dari alat yang akan saya berikan. Karena belum tentu semua android dapat menggunakan alat ini. Ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu

berikut alat yang saya rekomendasikan :


Image result for micro usb hub


Alat ini namanya Micro USB Hub. harga alat ini tergolong masih terjangkau, sekitar Rp.50.000,- an. TETAPI! ada baiknya kamu mencari alat ini di toko asesoris terdekat, karena ada kemungkinan alat ini tidak bisa digunakan secara maksimal. Yang saya maksud itu jika kamu mencolokan mouse dan keyboard di masing - masing slot, lalu di hubungkan ke android, ada kemungkinan yang dapat di gunakan hanya 1 saja, antara keyboard saja atau mouse saja. Dan juga perhatikan jenis usb nya ya, jika kamu pemilik android menggunakan usb type B mikro. ada yang berjenis usb type C juga soalnya


Untuk berminat kamu bisa lihat harga DISINI



Ada satu lagi alat yang terbilang lebih menjanjikan. Berikut wujudnya


Image result for IPEGA PG-9096


Alat yang 1 ini namanya IPEGA PG-9096. Untuk harganya tergolong mahal, sekitar Rp.250.000,- keatas, dan mencari alat ini di toko asesoris belum tentu ada.


Untuk berminat kamu bisa lihat DISINI



Kerennya, alat ini bisa merubah mouse dan keyboard berkabel milik kamu menjadi wireless menggunakan bluetooth. Jadi tidak perlu mencolokan kabelnya lagi ke android kamu. Tapi untuk memainkan game kamu masih perlu menggunakan sebuah "Keymapper". Untuk Keymapper ini saya sudah jelaskan di postingan saya sebelumnya, kamu bisa cek di bawah ini


Cara Main Semua Game Di Android Menggunakan Joystick ( Controller ) Tanpa Root



Ada 1 lagi alat yang serupa dengan IPEGA di atas tapi lain merk, berikut wujudnya

Image result for GameSir X1 BattleDock

Kalau yang ini namanya GameSir X1 BattleDock, dan harga alat yang satu ini lebih spektakuler, yaitu kisaran Rp.500.000,-. 

Demikian ilmu yang bisa saya bagikan lewat artikel ini, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menggunakan android kamu.